Meriam Onggang Parau Juara Pacu Jalur Rayon I

Minggu,26 Juli 2015 - 03:30:00 WIB

Pawai simatisan setelah meraih kemenangan. ( bcp )

INUMAN - Jalur dari desa Kepala Pulau Baserah kecamatan Kuantan Hilir kembali menunjukkan keperkasaaan digelanggang pacu jalur. Jalur Meriam Onggang Parau kembali menjadi juara di ajang pacu jalur kecamatan rayon I yang dilaksanakan  di Tepian Tigo Muaro Inuman, Sabtu (25/7/2015) kemarin.


Jalur kebanggaan masyarakat Kuantan Hilir ini keluar sebagai sang juara setelah berhasil menghentikan jalur kebanggaan masyarakat Kuantan Hilir lainnya di babak final, yakni jalur Guguak Sati Longge Batua .

Llaga final antara dua jalur unggulan ini sangat dinanti-nantikan oleh ribuan penonton yang berjejal dan penuh sesak di sepanjang Tepian Tigo Muaro Inuman. Namun , setelah bendera merah dijatuhkan, pertanda pacu sah dilepas, dua jalur yang disebut-sebut "saudara' ini terlihat tidak menyajikan sengitnya pacu di laga final.

Memasuki pancang keempat, kedua jalur tetap berpacu santai sambil melihat ke sisi kiri dan kanan lawan. Barulah memasuki pancang kelima, jalur sang runner up even pacu jalur nasional 2014, Meriam Onggang Parau yang berada di jalan sebelah kanan perlahan mendayung, dan meninggalkan haluan jalur Guguak Sati yang berada di jalan sebelah kiri.

Dalam keadaan tertinggal, jalur Guguak Sati pun mulai mendayung. Tidak lama setelah itu, kedua jalur ini terlihat berhenti mendayung. Memasuki pancang finis, haluan jalur Meriam lebih dulu mencapai garis finis disusul haluan jalur Guguak.

Dengan demikian, jalur Meriam Onggang Parau berhak atas piala bergilir rayon I, ditambah uang pembinaan sebesar Rp13 juta plus tonggol juara. Sedangkan Guguak Sati berhak atas uang pembinaan sebesar Rp11 juta ditambah tonggol juara.

Camat Inuman, Drs Akhyan Armofis bersyukur pelaksanaan pacu jalur rayon I Inuman berjalan aman, lancar dan sukses. "Alhamdulillah, pacu jalur rayon I tuntas, pelaksanaannya sukses. Terima kasih atas dukungan semuanya," katanya.

Selain dua jalur itu yang keluar sebagai juara pertama dan kedua, masyarakat Cerenti juga patut berbangga, karena jalur andalannya, Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari Pulau Jambu Cerenti berhasil keluar sebagai juara ketiga, disusul jalur Uphae Saghok Ghimbo Dusun dari Batang Tabalai Kuantan Hilir ditempat keempat.(  isa )

Daftar Juara Rayon I Kuansing di Tepian Tigo Muaro Inuman

1. Meriam Onggang Parau dari Kuantan Hilir
2. Guguak Sati Longge Batuah dari Kuantan Hilir
3. Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari Cerenti
4. Uphae Saghok Ghimbo Dusun dari Kuantan Hilir
5. Raja Laut dari Kuantan Hilir Seberang
6. Dewa Ruci Arung Samudra dari Inuman
7. Limo Piako Piako Tuah Nagori dari Logas Tanah Darat
8. Gagak Itom Sungai Petapusan dari Kuantan Hilir
9. Pendekar Sakti Simambang Putie dari Inuman
10. Sarijadi Gementar Alam dari Kuantan Hilir Seberang

Sumber : Panitia Pacu Jalur Rayon I Kuansing