Habisi Hama Padi, Pramuka Inuman Dikerahkan Cari Siput

Selasa,10 November 2014 - 03:56:00 WIB

Anggota Pramuka Inuman saat mencari Siput yang menjadi hama tanaman padi. ( ktc )


INUMAN  - Camat Inuman, Drs Akhyan Armofis mengerahkan sejumlah anggota pramuka yang tergabung dalam kwartir ranting (Kwaran) Inuman mengumpulkan hama tanaman padi jenis Siput alias Keong, di area persawahan di Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, akhir pekan lalu.

Selain melibatkan para anggota pramuka, pencarian terhadap hama tanaman padi ini juga melibatkan para petani, yang juga diikuti oleh Camat Inuman Akhyan Armofis, Kepala Dinas Tanaman Pangan (Distangan) Kuansing Ir H Maisir yang diwakili Sekretaris Distangan Yuridisman. Ikut serta juga para kepala desa dan ketua kelompok tani se-Inuman.

"Siput adalah hama tanaman padi yang sangat membahayakan. Jika ini kita biarkan, tanaman padi tidak akan berkembang dan tidak akan subur, sangat mengganggu," kata Sekretaris Distangan, Yuridisman, usai menyaksikan pengumpulan Siput tersebut.

Yuridisman mengucapkan terima kasih kepada para anggota pramuka di Inuman yang bersedia membantu para petani untuk mengumpulkan hama tanaman Siput. "Sangat membantu sekali, tentu harus kita ucapkan terima kasih kepada adik-adik pramuka ini," katanya.

Sementara itu, Camat Inuman Akhyan Armofis menyampaikan, kegiatan berburu Siput ini adalah gerakan pemerintah bersama masyarakat, khususnya para petani padi untuk mencari ssolussi terhadap penyakit hama padi. "Kita harapkan produksi padi petani kita lebih meningkat tahun ini," katanya.

Mantan Camat Hulu Kuantan dan Kuantan Tengah ini sengaja melibatkan para anggota pramuka untuk mengumpulkan Siput di area persawahan petani, karena para anggota pramuka ini memiliki semangat untuk membantu antar sesama. "Makanya kita minta kerahkan agar masyarakat merasakan kehadiran adik-adik pramuka ini ditengah mereka," ujarnya.

Camat menghimbau seluruh petani yang ada di Inuman untuk mewaspadai hama Siput bagi tanaman padi. "Jangan dibiarkan, karena membahayakan bagi tanaman padi, petani harus mewaspadainya," ujar Akhyan mengingatkan.

Ia berharap agar produktivitas padi di Inuman meningkat. "Semoga musim tanam tahun ini produksi padi kita meningkat," harapnya.( utr  )