Hasil UN MI, Kuansing Peringkat Satu di-Riau, SD Peringkat Enam

Selasa,23 Juni 2014 - 01:02:00 WIB

Ilustrasi. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Hasil pengumuman peringkat Ujian Sekolah (US) tingkat Nasional se-Provinsi Riau, Kabupaten Kuansing berhasil meraih peringkat satu se-Riau untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah ( MI ). Sedangkan  untuk SD se-Riau, Kuansing berada diperingkat enam. Hasil US Nasional tersebut telah diserahkan kemasing-masing sekolah oleh Dinas pendidikan Kabupaten Kuansing pada Jumat lalu dan pengumumannya hasil US SD/MI secara serentak diumumkan pada Sabtu (21/6/2014).

"Untuk peringkat nilai US Nasional SD kita diperingkat 6 se-Riau, kalau MI kita peringkat satu se-Riau,"demikian disampaikan Kepala Dinas pendidikan Kuansing melalui Kepala bidang TK/SD Yadiri, Minggu (22/6/2014).

Disampaikan Yadiri, untuk peringkat SD/MI se-Riau kita berada diperingkat kelima se-Riau. " Alhamdulillah peringkat US SD/MI ini naik dari tahun sebelumnya,"katanya. Kemudian untuk kelulusan siswa SD/MI nanti yang akan menentukan kelulusan diserahkan langsung kesekolah masing-masing. Dimana sekolah memiliki peranan penting nantinya untuk menentukan kelulusan siswanya untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi atau tingkat SMP sederajat.

"Sekolah sangat menentukan siswanya lulus atau tidak, kita sudah serahkan hasilnya kesemua sekolah Jumat lalu dan hasil pengumunan telah disampaikan oleh sekolah kepada siswa,"katanya.

Tentu kita berharap, siswa yang dinyatakan lulus nanti tentu siswa yang mampu dan tidak dipaksanakan kelulusannya oleh sekolah. "Untuk kelulusan siswa memang diserahkan ke sekolah dari hasil nilai US ditambah nilai sekolah,"katanya.

Sejauh ini pihaknya masih belum menerima laporan dari setiap sekolah tingkat SD/MI di Kuansing untuk informasi kelulusan siswa,"mungkin Senin ini masuk laporanya ke Disdik,"katanya.
Dari data Dinas Pendidikan Kuansing, untuk  US SD/MI diikuti 6.193 siswa tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Dari jumlah tersebut sebanyak 5.898 siswa berasal dari sekolah negeri dengan rincian 3.000 siswa laki-laki dan 2.898 siswi perempuan. Untuk sekolah swasta atau MI terdiri dari 138 siswa laki laki dan 157 siswi perempuan dengan jumlah secara keseluruhan 295 siswa.( mad )