Golkar, PAN , PDIP, PPP dan Demokrat Berpeluang Loloskan Wakil ke DPRD Riau

Sabtu,21 Maret 2014 - 06:18:00 WIB

Parpol peserta Pemilu 2014. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Berkaca pada hasil dua Pemilu Legislatif sebelumnya masing-masing Pemilu 2004 dan Pemilu 2009, lima buah Parpol diprediksi memiliki peluang sangat besar dalam meloloskan wakilnya ke DPRD Riau dari daerah Pemilihan Inhu - Kuansing.

Terutama untuk Partai Golkar, PAN, PDIP dan PPP, dalam dua Pemilu sebelumnya mereka selalu mampu meloloskan kader mereka di DPRD Riau. Untuk Partai Golkar mereka mampu meloloskan dua wakil sedangkan PAN, PDIP dan PPP mampu meloloskan satu orang wakilnya. Parpol lain yang pada Pemilu 2009 mampu meloloskan wakilnya masing-masing Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Dari hasil dua Pemilu sebelumnya, dengan suara yang cukup stabil, kelima Parpol ini diprediksi bakal mampu melenggangkan wakilnya kembali di DPRD Riau. Untuk Golkar diprediksi mendapat dua kursi, PAN 1 kursi, PPP 1 kursi, PDIP 1 kursi dan Partai Demokrat 1 kursi. Dua kursi akan diperebutkan Parpol lainnya.

" Kalau Kita melihat hasil dua Pemilu sebelumnya komposisinya memang seperti itulah, Parpol-Parpol ini diperkirakan dapat mempertahankan kursi mereka, walaupun era bisa berbeda,"ujar peminat masalah sosial Politik, Ilyas.

Keberhasilan Parpol tersebut mempertahankan kadernya di DPRD Riau dari daerah pemilihan Inhu-Kuansing selain karena figur juga karena sebaran pendukung mereka yang sudah merata. Disamping adanya pendukung loyalis dimasing-masing Parpol tersebut.

" Caleg-Caleg mereka tinggal merawat loyalis dan konstituen yang telah ada tersebut, yang selama ini telah dirawat oleh kader-kader mereka yang telah duduk selama ini di DPRD Riau, ini keuntungan mereka, mereka hanya bekerja untuk menambah suara hilang yang mungkin ada dari konstituen mereka akibat berbagai faktor,"ujarnya.

Mengenai figur-figur yang akan lolos menjadi anggota DPRD Riau tentu tidak dapat dipastikan tergantung agresifitas Caleg dimasing-masing Parpol tersebut mendulang suara rakyat. " Sekarang Kita berbicara tentang kans Parpol, kalau dari titik ini selama ini Parpol-Parpol yang disebutkan diatas mampu meloloskan wakilnya di DPRD Riau,

Namun demikian mereka tentu saja perlu mewaspadai kerja keras para Caleg dari Parpol lain yang saat ini terus bekerja keras melakukan konsolidasi dibawah. " Kalau mereka lengah, bisa-bisa prestasi mereka yang mampu meloloskan kader selama ini di DPRD Riau pupus, apalagi jika dilihat Caleg-Caleg diluar Parpol yang disebutkan diatas merupakan tokoh-tokoh politik yang memiliki jam terbang tinggi dan memiliki pendukung fanatik pula, apalagi sekarang orang lihat figur tidak Parpol semata, bisa dominasi mereka berakhir, contoh Pemilu 2004 PKB dengan dengan usaha maksimal mampu meloloskan kadernya di DPRD Riau,"pungkasnya. ( isa )