Satu-satunya Putra Kuansing Calon Anggota DPD, Afri Harapkan Dukungan Mayoritas Warga

Rabu,29 Januari 2014 - 05:28:00 WIB

Calon anggota DPD RI asal Kuansing, Afri ( kiri ) bersama Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiyono. ( k

TELUK KUANTAN - Pada Pemilu 2014 ini, untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) RI, satu-satunya putra asal Kuansing yang maju yakni Afri. Karena itu dirinya mengharapkan dukungan mayoritas masyarakat dari kampung halamannya agar dapat duduk menjadi senator di DPD RI pada Pemilu 9 April mendatang.

Bagi masyarakat Kuansing, pria asal Desa Pantai Kecamatan Pucuk Rantau tersebut bukanlah orang baru dalam kancah politik. Mantan Ketua Partai Bintang Reformasi Kuansing tersebut sudah duak ali duduk menjadi anggota DPRD Kuansing dari daerah pemilihan Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Hulu Kuantan dan termasuk saat ini kecamatan Pucuk Rantau.

Kepiawaiannya dalam politik juga teruji. Walaupun PBR hasil Pemilu 2009 lalu hanya mampu mengutus satu orang wakil di DPRD Kuansing, namun pria berbadan besar ini dengan segala kemampauan serta lobi politik yang mumpuni berhasil menjadi Ketua Komisi A DPRD Kuansing. Sebelum ketua Komisi A Ia juga pernah dipercaya menjadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Kuansing.

Kini pria yang juga dikenal orator ulung tersebut bertarung memprebutkan salah satu kursi DPD RI. Jika dirinya berhasil, maka Afri merupakan putra Kuansing kedua yang berhasil duduk menjadi senator di DPD RI di Jakarta setelah Drs Soemardhi Thaher.

Berbagai kalangan menilai, kans Afri melenggang ke kursi DPD RI terbuka lebar. Dengan dukungan separuh Pemilih Kuansing yang berjumlah 229.872  saja maka perjuangannya menjadi anggota DPD RI akan mulus. Pasalnya pada Pemilu 2009 yang lalu, calon anggota DPD RI asal Riau yang berhasil duduk minimal mendapat 90 ribu suara.

" Pak Afri tinggal melakukan pendekatan kepada semua kekuatan politik di Kuansing termasuk para Caleg , tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda hingga kedesa untuk mensosialisasikan pencalonan dirinya, karena kedekatan masih menjadi salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihan. Kalau Pak Afri intens ya bisa melenggang mulus ke Senayan,"ujar Pemerhati Politik, Pazli Mahyudin, M.Si asal FISIP Universitas Riau.

Sementara itu Afri sendiri yang dikonfirmasi kuansingterkini,com di gedung DPRD Kuansing, Selasa ( 28/1/2014 ) lalu disela-sela coffe morning Pimpinan DPRD Kuansing dengan wartawan, mengaku sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya untuk meraup dukungan warga. Sosialisasi yang dilakukannya tidak terbatas untuk Kuansing semata, melainkan hingga ke Pelalwan, Kampar, Inhu dan Inhil.

" Saya harapkan dukungan besar dari masyarakat Kuansing untuk pemilihan DPD, apalagi untuk Putra Kuansing Saya satu-satunya yang maju menjadi calon anggota DPD RI, tentu dengan berhasil duduk selain marwah bagi Kuansing juga dapat menyuarakan persoalan-persoalan Kuansing ditingkat pusat,"pungkasnya. ( isa )