JMGR: Lahan Gambut Riau Berkurang Drastis

JMGR: Lahan Gambut Riau Berkurang Drastis
Lahan Gambut. ( prc )

PEKANBARU - Berdasarkan catatan Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) jumlah lahan gambut di Riau terus mengalami penurunan yang sangat drastis.

Hal ini disebabkan trend investasi berbasis lahan luas telah merambah hingga ke lahan gambut setelah ketersediaan di tanah mineral atau tanah tidak gambut semakin sempit.

Sekretaris Jenderal JMGR, Isnadi Esman mengatakan beralihanya investasi kehutanan ke wilayah gambut karena di wilayah daratan sudah tidak memungkinkan.

"Padahal investasi di lahan gambut banyak menimbulkan konflik," ujarnya.

Bahkan hutan gambut Riau benar-benar terancam. Sebab selama kurun waktu lima tahun 2002-2007 Riau sudah kehilangan tutupan hutan alam seluas 1 juta hektar.

"Hutan alam yang tersisa di Riau pada tahun 2007 seluas 2,4 juta hektar, 65 persen di dominasi oleh hutan gambut. Sementara hutan daratan rendah kering yang tersisa hanya berada pada kawasan konservasi dan daerah yang sedang diperjuangkan untuk dilindungi," ungkapnya.

Menurut Isnadi Esman, JMGR akan terus berupaya memberikan perlindungan agar gambut Riau tidak semakin habis dieksploirasi untuk kepentingan bisnis. ( sumber : politikriau.com )

Berita Lainnya

Index