Sakit Jantung, Seorang JCH Rohul Dirawat di BPHI Madinah

Minggu,29 September 2013 - 04:06:00 WIB

JCH Rohul. ( fhoto RTC )

MADINAH- Kakan Kemenag Rokan Hulu, Drs.H. Ahmad Supardi Hasibuan MA, melaporkan, bahwa berdasarkan informasi dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Rohul Ahmadi SHI, juga Kepala KUA Kecamatan Tambusai Utara, seorang JCH Rohul sedang menjalani rawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Kota Madinah.

JCH yang menjalani rawat inap itu bernama Siabah bin Yakub Lubis asal Batang Samo Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah. Berdasarkan keterangan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Rohul dr Mayenru, JCH ini terindikasi sakit jantung dengan gejala seperti kaki bengkak, perut mual, dan nafsu makan berkurang.

"Beliau (Siabah) masih menjalani perawatan rawat inap di BPHI Madinah hingga kini," kata Ahmad Supardi kepada riauterkinicom di ujung telepon, Ahad (29/9/2013).

Menurut pihak TKHD, Siabah sudah memiliki gejala sakit sejak proses keberangkatan dari Bandara Tuanku Tambusai 21 September lalu. Dia sempat mengeluhkan rasa sakit di bagian kakinya. "Namun demikian, yang bersangkutan tetap diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, sebab sakitnya bukan penyakit menular," ujarnya.

Ketua TPHD Rohul Ahmadi juga melaporkan Siabah tetap akan diberangkatkan ke Mekkah pada 30 September besok. Jika kondisinya cukup sehat, maka dia akan diberangkatkan bersama JCH Rohul lain. Jika tidak, dia akan diberangkatkan sendiri menggunakan Ambulance.

Terlepas dari itu, Ahmadi melaporkan dari Madinah, JCH lain bernama Bisri Musthofa dari Kecamatan Rambah Hilir yang sebelumnya pernah dirawat di BPHI Madinah karena menderita inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA), kini kondisinya sudah cukup baik dan sudah kembali ke maktab, tempat penginapan JCH Riau Kloter 13.

Menurut Ahmad Supardi, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), jika ada JCH sakit, maka jemaah itu tidak memungkinkan diberangkatkan dengan bus bersama rombongannya, maka jemaah tersebut diberangkatkan menggunakan Ambulance. Dia akan ditemani seorang dokter, dan biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Ahmad Supardi menambahkan, kini kondisi 208 JCH Rohul yang sedang melaksanakan ibadah Arbaien di Madinah dalam keadaan sehat wal'afiat. Sesuai jadwal, Senin besok, mereka akan bergerak ke tanah suci Mekkah.( sumber : riauterkini.com )