Hitung Cepat LSI: Awang Faroek Juara Pilgub Kaltim

Hitung Cepat LSI: Awang Faroek Juara Pilgub Kaltim
Awang Faroek Ishak. ( ktc )

SAMARINDA - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal unggul sementara dalam Pilkada Kalimantan Timur 2013-2018. Pasangan ini meraih 42,49% versi hasil quick count atau hitung cepat.

Kepastian tersebut diperoleh berdasarkan hasil quick count yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan Citra Publik Indonesia di Samarinda, Selasa (10/9/2013) sore.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex hanya meraih 20,79% dan pasangan nomor urut 3 Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni meraih dukungan suara 36,27%.

"Berdasarkan data yang masuk hingga Selasa sore pukul 15.47 Wita, sample yang kami terima sudah mencapai 98,33% dengan persentase perolehan suara, pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal meraih 42,49%, kemudian suara terbanyak kedua diraih pasangan Imdaad Ipong Muchlissoni dengan 36,73% dan pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex hanya 20,8%," ungkap Direktur CPI, Hanggoro CP.

Hasil quick count itu, kata Hanggoro, dilakukan dengan mengambil 300 tempat pemungutan suara, sebagai sampel yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

"Dari 2.793.729 pemilih dengan 8.82 TPS, kami mengambil sampel 300 TPS sebagai sampel yang tersebar secara proporsional di seluruh kabupaten atau kota di Kaltim dan Kaltara," katanya.

"Berdasarkan hasil hitung cepat dengan data sampel yang masuk sudah mencapai 98,33% tersebut, maka bisa dipastikan, pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal, unggul dianding dua pasangan lainnya. Dari pengalaman kami pada pilkada di sejumlah wilayah, hasil hitung cepat tersebut tak jauh beda dengan KPU yakni tidak lebih dari 1%," sambung Hanggoro. ( sumber ; antara/liputan6.com )

Berita Lainnya

Index