Jika Ada Usulan Pemkab Kampar Bakal Proses Pemekaran Kampar Kiri

Selasa,20 Agustus 2013 - 09:04:00 WIB

Ilustrasi. ( hrc/ktc )

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Kampar berjanji akan menindaklanjuti proses pemekaran Kabupaten Kampar Kiri. Tindak lanjut ini dilakukan apabila masyarakat setemat serius dan telah mengusulkannya ke Pemkab Kampar.

Demikian diungkapkan Sekdakab Kampar, Zulfan Hamid kepada halloriau.com, disela menghadiri upacara peringatan HUT Riau, Selasa (20/8/2013) di halaman Kantor Gubernur Riau.

Menurutnya, sejauh ini memang desakan untuk pemekaran Kabupaten Kampar Kiri telah terdengar. Namun usulan secara kongkrit berupa dokumen resmi belum dipernah dilakukan masyarakat setempat.

"Kita ini tidak anti pemekaran. Kalau memang ingin pemekaran silahkan usulkan, tentu nanti akan kita proses. Tetapi buktinya sampai sekarang belum ada usulan resminya kita terima," ujarnya

Menurut Zulfan, Pemkab pada prinsipnya tidak pernah menghalangi jika memang ada daerah diwilayah kabupaten Kampar ingin memekarkan diri, asalkan semua persyaratan dirasa wajar.

Mulai dari kemampuan finansial daerah yang akan dimekarkan untuk menciptakan peluang Pendapatan Asli Daerah (PAD), batas wilayah, ibukota Kabupaten dan kantor pemerintahan sementara.

"Kalau unsur persyaratan itu memang layak, tentu Pemkab akan memprosesnya. Tetapikan sampai sekarang belum ada usulan itu," jelasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pemekaran Kampar Kiri sudah disuarakan sejumlah tokoh masyarakat Kampar Kiri. Namun sejauh ini belum ada tindak lanjut konkrit usulan tersebut.( halloriau.com/ktc )