jelang Pilgub Riau, Distribusi Surat Suara Belum Merata

Selasa,13 Agustus 2013 - 01:56:00 WIB

Ilustrasi. ( ktc )

Pekanbaru - Bulan September 2013 Pilkada Gubernur Riau akan digelar. Namun hingga kini distribusik logistik justru masih belum merata.

Distribusi logistik Pilkada Gubernur Riau yang dilakukan KPU Riau masih banyak yang belum sampai ke sejumlah kabupaten. Sejumlah daerah malah ditemukan surat suara yang tertukar.

Salah satunya, adalah Kabupaten Bengkalis, Riau. Untuk kabupaten ini ada kekurangan surat suara sebanyak 3 ribu. Ditambah surat cadangan 2,5 persen belum juga diterima dengan jumlah seluruhnya menjadi 9 ribu surat suara.

"Selain itu surat cadangan 2,5 persen juga belum kami terima. Padahal seharusnya sejak kemarin seluruh logistik harus sudah kami terima dari Pekanbaru untuk segera dibagikan ke tingkat kecamatan," Ketua KPU Kabupaten Bengkalis, Iskandar,kepada wartawan Selasa, (13/8/2013).

Iskandar menjelaskan, logistik Pilkada ini diterima pada 12 Agustus 2013. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kab Bengkalis berjumlah 360.371, plus surat cadangan 2,5 persen.

Surat suara ini lanjut, Iskandar akan didistribusikan ke 1.123 TPS. Kondisi kekurangan ini sudah disampaikan ke KPU Riau. Namun hingga sekarang kekurangan logistik itu belum juga ada tambahan.

"Kita tidak tahu mengapa sampai terjadi kekurangan ini terjadi," kata Iskandar.

Saat ini pihak KPU Bengkalis masih terus melakukan pemeriksaan surat suara. Dari surat suara yang telah diterima, juga ditemukan kertas suara yang rusak.

"Nanti kertas suara yang rusak atau yang salah cetak, akan kita laporkan juga ke KPU Riau. Saat ini seluruh surat suara masih dicek," kata Iskandar.( detik.com )