Messi Tidak Cedera, Kenapa Tak Dimainkan?

Messi Tidak Cedera, Kenapa Tak Dimainkan?
Getty Images/David Ramos
Barcelona - Lionel Messi dimainkan dan mencetak gol saat Barcelona berhadapan dengan Athletic Bilbao. Tapi saat menjalani laga yang sangat krusial dengan Bayern Munich, dia malah dicadangkan meski dia tak cedera.

Kebugaran Messi memang tengah terganggu dalam beberapa pekan terakhir. Cedera hamstring yang dialami saat Barcelona bertamu ke Paris Saint Germain di babak delapan besar menjadi awal permasalahan.

Di Parc des Prince Messi hanya bermain 45 menit, dan masuk sebagai pemain pengganti saat gantian main di Camp Nou. Sementara saat Barca dihajar 0-4 di Allianz Arena, Messi bermain penuh meski kontribusinya sangat minim dan diyakini dia dipaksakan berada di atas lapangan.

Kondisi pesepakbola asal Argentina itu terlihat sudah jauh membaik setelah dia dimainkan dalam lanjutan Liga Spanyol menghadapi Bilbao akhir pekan kemarin. Masuk di babak kedua, Messi malah mencetak gol dalam kesempatan tersebut.

Namun Vilanova membuat kejutan saat merilis daftar starter pemainnya untuk laga dengan Die Roten dinihari tadi karena Messi cuma berada dibangku cadangan. Pada akhirnya, Messi bahkan sama sekali tak terlibat dalam pertandingan hidup-mati Barcelona tersebut. Tuan rumah kalah telak 0-3 dan kembali harus melupakan ambisi masik final serta jadi juara.

Terkait pertanyaan soal tak diturunkannya Messi, Vilanova menyebut kalau pemainnya itu sebenarnya tidak mengalami cedera. Namun karena merasa tidak dalam kondisi yang baik dan tak akan bisa berkontribusi membantu tim, dia akhirnya dicadangkan.

"Lionel Messi bermain di Bilbao karena dia merasa lebih baik. Di akhir pertandingan dia merasakan sensasi aneh, tapi tidak ada cedera. Dia tak merasa dalam kondisi yang baik, meski dia ikut berlatih. Dia merasa kalau dalam kondisi seperti itu dia tak bisa membantu tim. Adalah normal Anda merasa kehilangan pemain seperti Messi," terang Vilanova di situs resmi UEFA.

Barca pun mengikuti langkah Real Madrid yang juga terdepak di babak semifinal oleh Borussia Dortmund. Disebut Vilanova, skor telak di babak pertama dan masalah kebugaran serta cedera pemain menjadi faktor yang mempengaruhi kegagalan Barca bersaing dengan FC Hollywood.

"Kami ingin punya daya saing yang lebih baik tapi (hasil) leg pertama mempengaruhi kami. Mereka yang berlatih dengan baik dan tidak mengalami cedera memberi kontribusi baik untuk kami. Kami dan Real Madrid bisa berkompetisi dengan klub Jerman, tapi di semifinal ini mereka lebih baik dibanding kami," tuntas Vilanova. ( dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index